4 Tips Agar Pakaian Wangi Tahan Lama

4 Tips Agar Pakaian Wangi Tahan Lama

Agar pakaian wangi tahan lama – memakai pakaian yang wangi akan membuat seseorang menjadi lebih percaya diri. Sebaliknya, pakaian dengan bau yang kurang sedap akan membuat si pemakai menjadi minder. Namun terkadang yang menjadi kendala adalah wangi pakaian yang mudah hilang. Baru dipakai sebentar wanginya sudah tidak tercium lagi dan berganti menjadi bau keringat. Untuk itu setiap ibu harus mengetahui bagaimana mencuci pakaian yang benar sehingga bisa menghasilkan pakaian yang wangi dan wanginya tahan lama.

Agar Pakaian Wangi Tahan Lama Setelah Dicuci

agar pakaian wangi tahan lama

Untuk bisa membuat pakaian menjadi harum ternyata ada hal-hal yang perlu diperhatikan ketika mencuci pakaian. Karena proses mencuci pakaian ini penting sekali pengaruhnya terhadap wangi pakaian. Cara mencuci yang salah akan membuat pakaian memiliki bau apek, amis, dan bau tidak sedap lainnya. Untuk Anda yang ingin mengetahui cara mencuci pakaian yang benar agar hasilnya harum silahkan simak uraian di bawah ini.

1. Rajin Mengganti Air

Mengganti air penting sekali dalam proses mencuci pakaian. Jadi ketika merendam, mencuci, dan membilas, pastikan untuk selalu mengganti air. Pergantian air ini bertujuan agar kotoran dari bilasan atau proses mencuci sebelumnya tidak ada yang tersisa.

Ketika membilas sebaiknya lakukan pergantian air hingga tiga kali untuk membuat pakaian benar-benar bersih dari kotoran dan sisa deterjen. Namun jika Anda menggunakan pewangi pakaian anti bakteri biasanya satu kali bilas pun sudah cukup untuk membuat pakaian bersih.

2. Peras Pakaian Sebelum Direndam dengan Pewangi

Setelah selesai mencuci dan membilas maka biasanya pakaian akan direndam lagi dengan menggunakan pewangi. Agar pakaian wangi tahan lama sebelum merendam pakaian dalam pewangi pastikan Anda memeras pakaian terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar air dan sisa kotoran dapat keluar dan tidak tercampur dengan larutan air pewangi nantinya.

Pewangi pakaian akan lebih mudah meresap ke dalam serat kain yang bersih dari kotoran dan tidak mengandung banyak air. Jika pewangi meresap hingga ke serat pakaian maka hasilnya akan lebih maksimal yaitu pakaian menjadi lebih wangi dan tentunya lebih tahan lama harumnya.

3. Jangan Rendam Terlalu Lama

Merendam pakaian dengan menggunakan deterjen sebelum mencuci penting untuk dilakukan agar kotoran-kotoran yang menempel pada baju lebih mudah dibersihkan. Meskipun merendam bertujuan untuk menghilangkan kotoran, merendam sebaiknya jangan dilakukan terlalu lama. Perendaman yang terlalu lama akan membuat pakaian menjadi mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Untuk itu ibu seharusnya mengetahui lama waktu perendaman yang tepat. Biasanya waktu perendaman yang tepat adalah 30-60 menit. Lama waktu perendaman sebaiknya disesuaikan dengan tingkat kekotoran pakaian yang hendak dicuci.

4. Segera Jemur Pakaian yang Sudah Dicuci

Pakaian yang telah selesai dicuci sebaiknya segera dijemur. Mendiamkan pakaian yang telah selesai dicuci dalam waktu yang lama akan membuat bakteri berkembang di dalamnya dan membuat wangi pakaian menjadi berubah baunya. Agar pakaian wangi tahan lama sebaiknya jemur pakaian pada yang teduh tapi mendapatkan angin yang cukup.

Menjemur dengan cara diangin-anginkan akan membuat pakaian terhindar dari bau apek dan bau matahari. Angin membuat air pada pakaian yang baru selesai dicuci menjadi menguap tanpa menghilangkan wangi dari pakaian tersebut.

Itulah beberap tips ketika mencuci agar pakaian wangi tahan lama. Praktekan cara mencuci di atas untuk menjaga pakaian keluarga Anda selalu wangi tahan lama. Pakaian yang wangi penting sekali untuk menunjang aktifitas sehari-hari terutama seragam sekolah dan pakaian kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *