Apa itu Kain Microfiber? Manfaat Dan Kegunaannya

Apa itu Kain Microfiber? Manfaat Dan Kegunaannya

Apa itu Kain Microfiber? Manfaat Dan Kegunaannya – Bahan microfiber bisa kita temui di jadikan produk kain pel hingga furnitur, pakaian olahraga hingga handuk. Jadi apa itu microfiber? Mengapa begitu banyak digunakan?

Terbuat pada serat sintetis, yang merupakan serat buatan yang lebih tipis dari serat sutera (kurang lebihnya seperlima diameter rambut manusia).

Serat microfiber banyak memiliki banyak keunggulan dibandingkan kain alami, sehingga lebih mudah beradaptasi dengan berbagai hal. Sehingga perlu bagi kami membahas Apa itu kain microfiber? Manfaat Dan Kegunaannya.

 

Apa itu Kain Microfiber? Manfaat Dan Kegunaannya
Penggunaan kain microfiber, baju olah raga

Terbuat dari apa kain microfiber?

Serat sintetis

Serat sintetis yang umum digunakan untuk serat mikro adalah poliester, nilon dan bahan poliamida lainnya juga digunakan sebagai bahan baku untuk serat mikro.

Yang mudah terlintas di pikiran kita akan kata sintetis, merupakan bukan barang ramah lingkungan, selama proses produksi serat sintetis ini tidak memerlukan insektisida atau air. Sehingga relative aman terhadap lingkungan.

Selama proses pembuatan polyester microfiber sedikit sekali membuang limbah . akan tetapi, selama proses pewarnaan kapas dari bahan alami, malah membutuhkan sejumlah besar air.

 

Penggunaan kain microfibers

Sering di jumpai sebagai pembersih yang paling umum digunakan adalah kain lap dan pel. Di karenakan ia mampu menyerap sekitar 7 kali berat kain.

Selain itu, serat mikro menghilangkan bakteri dan virus dan kuman. patogen memakan bahan alami, akan tetapi serat sintetis yang merupakan serat mikro, merupakan media yang tidak baik buat bakteri berkembang. Ini mengurangi risiko penyebaran bakteri dan patogen di dapur dan rumah anda.

Karena serat halus, serat mikro memiliki karakteristik tidak menggores dan tidak akan merusak permukaan yang di bersihkan, bahkan ketika dibersihkan dengan larutan pembersih.

 

Pakaian seragam sekolah dan olah raga

Penyerapan air adalah alasan lain mengapa serat mikro menjadi populer di pakaian olah raga team maupun pakaian seragam olah raga untuk anak sekolah.
Kain ini dengan cepat menyerap keringat dari kulit, membuat si pemakai tetap dingin dan kering bahkan saat berkeringat. Sifat elastisitasnya, produk ini nyaman dan tahan lama.

 

Asal kain microfiber

Meskipun kain microfiber adalah hal biasa dalam kehidupan sehari-hari, belum ada yang bisa memberikan kepastian tentang asal muasal serat mikro.

Salah satu teori yang menarik adalah bahwa itu ditemukan di Jepang pada tahun 1970-an ketika baju renang wanita sedang disempurnakan untuk membuatnya lebih ringan.

Tetapi ini adalah kegagalan yang sangat besar. Karena serat mikro menyerap air dan menjadi pakaian renang yang sangat berat.
Sepuluh tahun kemudian, serat mikro diperbaharui di Eropa dan menjadi tersedia di pasaran sebagai kain penyerap untuk dibersihkan.

 

Apa itu Kain Microfiber? Manfaat Dan Kegunaannya

Jenis kain microfiber

Ada dua jenis kain microfiber, tenunan polos tanpa tumpukan dan menenun disikat. Ini mengacu pada keadaan serat, apakah serat terkoyak selama proses pembuatan.

  1. Serat mikro brushed Serat mikro brushed mengacu dengan cara membuatnya, yaitu dengan cara mengelupasan serat selama proses pembuatan. Sehingga menambah lebar area permukaan, yang pada gilirannya memungkinkan kain menyerap lebih banyak kelembaban.
  2. Microfiber Pile free Microfiber Pile free tidak dibuat untuk pembersih atau pakaian olahraga, karena hanya memiliki setengah higroskopisitas dibandingkan dengan Serat mikro brushed, coba gosok kain micro dengan tangan Anda. Jika sudah disikat, cirinya anda akan merasakan serat menempel di kulit anda.

 

Keuntungan dan kerugian dari kain microfiber

Seperti halnya produk apa pun, microfiber memiliki kelebihan dan kekurangan, kain ini fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel kami dengan judul, Apa itu kain microfiber? Manfaat Dan Kegunaannya, semoga bermanfaat,aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *