Bahaya Memakai Pakaian Baru Tanpa Dicuci

Bahaya Memakai Pakaian Baru Tanpa Dicuci

Bahaya Memakai Pakaian Baru Tanpa Dicuci – setelah membeli pakaian baru tentu saja kita akan sangat antusias untuk memakaianya. Karena memang memakai baju baru selalu menyenangkan. Kita juga berpikir bahwa baju baru tesebut sudah bersih dan tidak kotor sama sekali. Padahal kita sebenarnya tidak mengetahui pasti mengenai kebersihan pakaian baru yang kita beli.

Bahaya Memakai Pakaian Baru Tanpa Dicuci Terlebih Dahulu

bahaya memakai pakaian baru tanpa dicuci

Pakaian baru yang tidak dicuci sangat tidak disarankan untuk langsung dipakai. Hal ini karena ada kandungan-kandungan yang mungkin berbahaya yang menempel pada kainnya. Banyak ilmuwan yang menyarankan untuk mencuci terlebih dahlu baju baru sebelum memakainya. Namun tidak banyak orang yang mengetahui hal ini. Untuk itu di bawah ini beberapa bahaya pakaian baru yang belum dicuci:

Menyebabkan Iritasi Kulit

Baju baru yang belum dicuci membuatnya dapat menyebabkan iritasi pada kulit hal ini karena pakaian yang belum dicuci masih banyak mengandung zat kimia yang berasal dari pabrik. Zat-zat kimia tersebut jika bersentuhan dengan kulit maka akan membuat kulit tidak tahan dan menyebabkannya mengalami iritasi. Bahaya memakai pakaian baru tanpa dicuci ini sangat berbahaya dan tidak bisa dianggap remeh.

Untuk menghilangkan zat-zat kimia bisa dilakukan dengan cara mencucinya menggunakan sabun cuci ataupun deterjen. Pastikan Anda mencuci hingga benar-benar bersih. Sebaiknya lakukan pembilasan hingga tiga kali agar semuanya bersih sempurna. Lalu jemur hingga kering.

Menyebabkan Penyakit Kulit

Bahaya memakai pakaian baru tanpa dicuci yang kedua yaitu bisa menyebabkan penyakit kulit. Pada pakaian baru juga memungkinkan terdapat berbagai macam bakteri dan kuman. Kuman dan bakteri inilah yang dapat menyebabkan penyakit kulit pada pemakainya. Penyakit kulit seperti panu, kudis, kurap, serta gatal-gatal sangat bisa terjadi karena memakai baju baru. Hal ini bisa terjadi karena umumnya baju yang dijual toko telah banyak dicoba orang.

Sekalipun hanya ditempelkan ke badan mereka untuk mengukur kesesuaian ukuran, tetap saja baju telah menempel dan memungkinkan kuman hinggap di baju tersebut. Maka dari itu penting sekali untuk selalu membersihkan terlebih dahulu baju yang baru dibeli sebelum memakainya. Dengan begitu kita bisa mencegah berbagai hal buruk yang mungkin terjadi. Setelah dicuci maka kuman dan bakteri akan hilang dari pakaian.

Cara Mencuci Pakaian yang Baru Dibeli

Mencuci pakaian yang baru dibeli merupakan sebuah keharusan agar pakaian terhindari dari segala macam kuman dan bakteri serta penyakit yang menempel pada pakaian tersebut. Cara mencucinya pun harus menggunakan langkah-langkah khusus agar hasilnya bersih maksimal. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan ketika mencuci pakaian baru.

Pertama siapkan air kurang lebih lima liter dalam sebuah ember. Sebaiknya menggunakan air panas agar hasilnya lebih optimal. Namun jika pakaian tidak tahan terhadap air panas maka bisa menggunakan air dingin. Setelah itu masukan deterjen secukupnya, dapat menggunakan deterjen bubuk maupun cair. Aduk hingga tercampur merata baru setelah itu masukan pakaian baru yang hendak dicuci.

Rendam selama kurang lebih 30 menit. Setelah perendaman segera lakukan pencucian seperti biasanya. Pada saat membilaskan sebaiknya gunakan pewangi pakaian yang anti bakteri, agar pakaian benar-benar bebas dari segala macam bakteri. Kemudia usai dibilas bisa langsung dijemur di bawah terik matahari. angkat pakaian ketika sudah benar-benar kering, jangan menjemurnya terlalu lama karena bisa merusak warna pakaian baru.

Itulah bahaya memakai pakaian baru tanpa dicuci semoga bisa menjadi pelajaran untuk Anda. Di atas juga telah kami uraikan juga cara mencuci agar pakaian baru aman untuk dipakai. Jadi jangan memakai pakaian baru sebelum benar-benar dicuci. Apalagi jika pakaian baru tersebut merupakan seragam sekolah anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *