Cara Dan Tips Merawat Mencuci Topi

Cara Dan Tips Merawat Mencuci Topi

Cara dan tips merawat mencuci topi – Topi melindungi kepala kita dari gangguan dari luar, suhu dingin, sinar matahari yang terik, debu dan kotoran. Adalah contoh gangguan tersebut.

Seragam sekolah juga mewajibkan menggunakan topi untuk kelengkapannya. Topi yang kotor sangat tidak nyaman di pakai dan berbau. apa yang anda butuhkan untuk mencuci sehingga topi anda awet dan nyaman di pakai?

 

Cara Dan Tips Merawat Mencuci Topi
Topi Seragam Sekolah

Perawatan topi secara teratur

Kotoran topi menumpuk tanpa disadari. Tentu saja, keringat dapat terjadi ketika hari panas, tetapi ada banyak orang yang tidak pernah mencuci topi nya.

Bagian yang paling kotor dengan topi adalah bagian dahi. Bagian ini paling banyak bersentuhan dengan kulit dan banyak keringat.

Untuk topi yang tidak bisa dicuci atau topi kelas atas yang tidak ingin anda cuci, ada cara untuk memasang pita penyerap keringat di area penyerap keringat.

Selain bagian yang menyerap keringat, di kepala dan pada tepian topi, juga bisa menjadi kotor karena keringat atau kotoran di kulit kepala. Jika memiliki rambut panjang, debu bisa masuk ke rambut.

 

Hal-hal yang perlu di perhatikan sebelum mencuci topi Anda

Anda mungkin ingin memeriksa sebelum mencuci topi yang kotor karena keringat atau debu. Untuk memastikan topi Anda bisa dicuci dengan air, periksa dulu label instruksi mencucinya. Terkadang ada jenis kain yang hanya bisa di cuci kering, sedang lainnya lebih baik di cuci dengan air.

Jika tidak ada label atau label cuci pada topi anda, maka harus memastikan dari jenis kain apa topi anda di buat. Tentunya anda bisa memakai Cara Dan Tips Merawat Mencuci Topi! Yang biasa kami lakukan.

Kain yang bisa dicuci dan tidak bisa dicuci

Kain kanvas katun, topi rajut dan topi poliester juga bisa pada dasarnya bisa di cuci basah ataupun cuci kering .
Bahan-bahan yang tidak dapat dicuci basah biasanya terbuat dari kain wol, kertas, rami, kulit sintetis, kulit dan bulu.

Untuk topi yang tidak bisa dicuci basah, anda bisa menggunakan desinfektan etanol saat menyeka bagian dalam topi. ini adalah alat untuk perawatan.

Periksa apakah warnanya tidak pudar setelah dicuci

Untuk pengecekan apakah warna bisa pudar, maka oleskan sedikit larutan deterjen langsung ke topi dan bersihkan dengan kain putih untuk memeriksa apakah warnanya tertingal di kain tersebut. Hendaknya pengolesan detergen untuk pengecekan, di area yang tidak mencolok seperti bagian belakang.

Jika warnanya membekas ke kain, lebih aman untuk tidak mencuci di rumah. Juga, berhati-hatilah karena perubahan warna tergantung pada seringnya mencuci.

 

Cara Dan Tips Merawat Mencuci Topi
Anak Pakai Topi

Berikut adalah cara mencuci topi:

Mencuci

Tuangkan air hangat dan deterjen ke dalam bak cuci atau ember, sampai larut. Gunakan deterjen non-pemutih karena menggunakan deterjen tersebut dapat menyebabkan warna pudar.

Masukan topi di bak cuci, tekan perlahan dan cuci merata. Daerah yang menyerap keringat adalah daerah yang paling rentan terkena kotoran, jadi gosok dengan tangan. Jika ada bagian yang sangat kotor, tekan-tekan menggunakan spon.

Bilas

Bilas topi dengan mengganti air dua atau tiga kali. Pastikan sampai bersih sehingga tidak ada deterjen yang tersisa.

Lap topi dengan handuk

Gulung topi dengan handuk mandi kering, pastikan kelembabannya hilang. Jangan lupa bagian dalam topi, buang sisa air dengan memasukan gulungan handuk kering.

 

Cara mencuci topi dengan mesin cuci

Mencuci dengan mesin cuci juga biasa di lakukan, mudah karena anda dapat membiarkan mesin cuci menangani semuanya. Tetunya setelah memastikan bahwa topi bisa di cuci basah. Saat mencuci di mesin cuci, balikkan topi dan letakkan di jaring cuci.

 

Cara mengeringkan topi agar tidak kehilangan bentuk

Gantung topi yang dicuci pada tempat-tempat yang teduh dan mempunyai sirkulasi udara yang baik. Menggantung topi bisa merubah bentuk topi, sehingga anda bisa memasukan spon ke dalam topi, untuk menjaga bentuknya.

Ada juga bisa memasang botol plastik, membungkus handuk di atas, meletakkan topi di atasnya, dan mengeringkannya. Silakan coba karena itu mencegah kehilangan bentuk.

 

Cara mengeringkan topi rajut

Jika Anda mengeringkan topi rajut pada gantungan dengan penjepit, saya sarankan tidak melakukannya, sebab kain dapat meregang. Lebih baik meletakkannya pada tempat yang bisa mengalirkan air.

 

Perawatan topi secara teratur

Cuci bagian yang kotor saja yang sering adalah cara paling efektif untuk menjaga topi tetap bersih. tempat yang menyerap keringat adalah tempat yang sangat kotor, jadi seka sesekali dengan kain yang dibasahi air hangat. Gunakan sikat lembut untuk menghilangkan debu dan menyeka permukaan dengan kain kering.

Jika sangat kotor, bersihkan dengan kain yang dibasahi deterjen tanpa pemutih dan air hangat. Lalu bersihkan dengan kain kering, perawatan ini mungkin lebih mudah daripada mencuci. Semoga artikel dengan judul, Cara Dan Tips Merawat Mencuci Topi!, bermanfaat. Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *