Cara Mengatasi Bau Apek Pada Pakaian

Cara Mengatasi Bau Apek Pada Pakaian

Cara Mengatasi Bau Apek pada pakaian – Indonesia merupakan negara beriklim tropis yang memiliki curah hujan cukup tinggi. Sehingga terkadang, ketika musim hujan banyak ibu-ibu yang mengeluh karena cuciannya tidak kering. Pakaian yang tidak kering akan menyebabkan rasa lembab ketika dipakai. Bahkan tidak jarang baju yang tidak kering akan menimbulkan bau apek ketika dipakai. Bahkan terkadang baju yang sudah kering normal pun tetap bisa menimbulkan bau apek.

cara mengatasi bau apek pada pakaian

Jika sudah begini maka anak akan menjadi tidak percaya ketika memakai seragam sekolah yang bau apek. Akibatnya anak menjadi kurang maksimal dalam belajar di sekolah. Sebagai ibu tentunya anda akan sedih ketika melihat anak tidak maksimal belajar karena seragam yang bau apek.

Cara Mengatasi Bau Apek pada Pakaian Anak Sekolah

Masalah bau apek pada pakain yang kering memang sangat menganggu terutama bagi anak sekolah. Untuk membantu masalah tersebut, berikut kami paparkan cara mengatasi bau apek pada pakaian seragam sekolah.

1. Setrika dan Semprotkan Pewangi Pakaian

Untuk menghilangkan bau apek pada pakaian dapat dilakukan dengan cara menyetrika ulang seragam sekolah tersebut. Dalam menyetrika pakaian yang memiliki bau apek sebaiknya gunakan pewangi pakaian. Pewangi pakaian dapat menghilangkan bau tidak sedap pada seragam anak. Untuk hasil yang lebih maksimal anda juga dapat menggunakan pewangi yang mengandung pelicin.

2. Menggunakan Deterjen dan Cuka

Setelah liburan biasanya seragam sekolah anak akan berbau apek karena terlalu lama disimpan di lemari. Untuk mengatasi hal ini anda dapat menggunakan cuka dan deterjen. Caranya yaitu dengan melarutkan dua sendok makan cuka ke dalam ember berisi air hangat dan deterjen. Setelah itu hingga semua tercampur merata.

Masukan seragam yang berbau apek ke dalam ember tersebut. Rendam pakaian selama kurang lebih 15 – 30 menit. Setelah di rendam kemudian cuci pakaian seperti biasa. Lakukan pembilasan hingga berkali-berkali untuk memastikan pakaian benar-benar bersih dari deterjen.
Pada tahap finishing, bilas pakaian tersebut dengan pewangi pakaian yang mengandung anti bakteri. Tujuannya adalah untuk menghilangkan bakteri penyebab bau apek pada pakaian. Jika tidak menggunakan anti bakteri maka kemungkinan pakaian akan kembali bau apek karena bakterinya belum hilang dari seragam sekolah anak anda.

3. Simpan Pakaian Dengan Cara Digantung

Salah satu cara untuk mengatasi bau apek pada pakaian adalah dengan cara memperhatikan masalah penyimpanannya. Agar pakain seragam sekolah anak tidak berbau apek sebaiknya disimpan di lemari dengan cara digantung bukan dilipat.
Dengan digantung maka pakaian akan memiliki sirkulasi udara yang baik dan mencegah pakaian menjadi lembab yang dapat menyebabkan timbulnya bakteri pada pakaian. Karena bau apek pada pakaian penyebab utamanya adalah karena adanya bakteri.

4. Jemur Ulang atau Angin-anginkan Pakaian

Bau apek pada pakaian dapat hilang dengan cara menjemur ulang pakaian. Cara mengatasi bau apek pada pakaian dengan cara dijemur ulang ini memang sangat mudah karena anda hanya perlu menjemurnya kembali. Dengan dijemur kembali maka dapat menghilangkan bau apek. Anda juga bisa menyemprotkan pewangi ketika pakaian dijemur ulang.

Jika memang kondisi sedang musim hujan dan sulit untuk mendapatkan sinar matahari, maka dapat disiasati dengan cara mengangin-anginkan pakaian. Gantung pakaian selama semalam dan biasanya keesokan harinya bau apek pada pakaian sudah hilang.

Cara mengatasai bau apek pada pakaian seragam sekolah di atas bisa anda dipraktekan dengan mudah di rumah. Penting sekali untuk menjaga seragam sekolah anak agar tidak bau apek, karena bau apek secara tidak langsung dapat menghambat prestasi anak. Anda bisa mencari tempat jual seragam sekolah yang memiliki kualitas bagus sehingga baju tidak mudah bau apek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *