Cara Menjemur Pakaian Dengan Benar

Cara Menjemur Pakaian Dengan Benar

Cara menjemur pakaian dengan benar – menjemur pakaian mungkin merupakan sesuatu yang mudah bagi sebagian orang. Namun bagi mereka yang belum pernah atau belum berpengalaman maka menjemur pakaian bukanlah perkara yang mudah. Menjemur pakaian yang tidak benar dapat membawa efek buruk bagi pakaian itu sendiri. Untuk itu setiap orang harus mengetahu tips menjemur pakaian dengan benar.

Cara Menjemur Pakaian Dengan Benar dan Mudah

cara menjemur pakaian dengan benar

Menjemur merupakan penting dari merawat pakaian selain mencucinya. Untuk itu setiap ibu harus mengetahui tips-tips seputar menjemur pakaian yang baik. penjemuran pakaian yang baik dapat membuat pakaian menjadi lebih awet dan tahan lama.

Meski terlihat sepele menjemur pakaian tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Sebelum menjemur pakaian ibu harus mengetahui apa saja langkah-langkah yang benar untuk menjemur pakaian. Bisa jadi selama ini cara ibu menjemur pakaian ternyata salah dan justru memiliki efek buruk bagi pakaian.

Pakaian Harus Dibalik

Ini adalah cara menjemur pakaian dengan benar yang sangat mendasar namun tetap saja masih banyak ibu-ibu yang belum memahami masalah ini. Ketika menjemur pakaian, sebaiknya dibalik dahulu, yaitu bagian luar menjadi di dalam dan sebaliknya.

Tujuan dari membalik pakaian ini adalah agar warna luar pakaian terlindung dari teriknya sinar matahari. Jika tidak dibalik maka pakaian akan terkena sinar matahari langsung pada bagian luarnya. Terlalu sering terkena sinar matahari yang panas akan membuat warna pakaian menjadi pudar. Tentunya sangat disayangkan jika pakaian yang masih bagus warnanya sudah pudar.

Kibaskan Pakaian Sebelum Dijemur

Tujuan dari dilakukannya pengibasan ini adalah agar pakaian tidak terlalu kusut kering nanti. Jadi sebelum dijemur pakaian sebaiknya dikibaskan agar kainnya tidak terlalu kusut. Setelah itu baru jemur di jemuran baju atau hanger. Jangan lupa untuk meratakan ujung-ujung baju pada tali jemuran agar terlihat lebih rapi. Cara menjemur pakaian dengan benar yang satu ini biasanya cukup diremehkan oleh banyak orang. Mereka biasanya langsung menjemur dan malas untuk mengibaskan terlebih dahulu.

Gunakan Penjepit Jemuran

Penjepit jemuran ini sangat berguna untuk menjaga pakaian agar tidak jatuh dari tali jemuran karena tertiup angin. Ada banyak jenis jepitan jemuran yang bisa ibu pakai. Ada jepitan jemuran yang terbuat dari plastik dan ada juga yang terbuat dari kayu.

Secara umum jepitan jemuran dari kayu lebih kuat dan tahan lama. Karena jepitan dari plastik akan mudah rapuh ketika terkena paparan sinar matahari terus menerus. Sebaiknya simpan jepitan usai menjemur baju agar tidak mudah rapuh, serta untuk menghindari pengaratan pada bagian pegasnya.

Menjemur Menggunakan Hanger

Menjemur pakaian dengan hanger akan membuat ibu bisa lebih banyak menghemat tempat pada tali jemuran. Namun ibu harus mengetahui cara menjemur pakaian dengan benar menggunakan hanger. Nyatanya tidak semua pakaian cocok dijemur dengan menggunakan hanger. Karena hanger hanya cocok digunakan untuk menjemur beberapa jenis pakaian saja. Meskipun juga bisa untuk semua jenis pakaian namun hasil tentu tidak akan maksimal dan justru berakibat buruk.

Kemeja merupakan jenis pakaian yang paling cocok untuk dijemur menggunakan hanger. Jenis pakaian seperti kemeja jika dijemur pada tali jemuran maka akan memakan banyak tempat. Dengan digantung di hanger kemeja akan lebih cepat kering. Dan ketika kering kemeja tidak akan terlalu kusut saat dijemur menggunakan hanger.

Beberapa cara menjemur pakaian dengan benar di atas bisa ibu praktekan di rumah untuk hasil jemuran yang lebih maksimal. Ibu harus pandai mengenali jenis-jenis pakaian dan bahan pakaian agar mengerti cara penjemuran yang cocok untuk pakaian tersebut. Contohnya seragam sekolah, maka cara menjemur yang benar adalah dengan menggunakan hanger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *