Jenis Kain Untuk Seragam Sekolah di Indonesia

Jenis Kain Untuk Seragam Sekolah di Indonesia

Jenis Kain Untuk Seragam Sekolah – dalam pembuatan seragam sekolah tentunya menggunakan bahan kain. Karena ada begitu banyak bahan kain maka tidak semuanya digunakan untuk membuat seragam sekolah melainkan hanya seragam tertentu saja.

Hal ini karena tidak semua jenis kain cocok untuk dijadikan seragam sekolah. Hanya kain tertentu saja yang bisa dipakai sebagai bahan pembuatan seragam sekolah. Pemilihan jenis kain untuk pembuatan pakaian sekolah disesuaikan dengan kebutuhan seragam sekolah untuk siswa.

Jenis Kain Untuk Seragam Sekolah yang Banyak Digunakan

jenis kain untuk seragam sekolah

Ada banyak jenis kain namun semuanya memang tidak cocok dipakai sebagai bahan seragam sekolah. Sebelum mengetahui mengenai jenis kain yang digunakan untuk seragam sekolah ada baiknya kita membahas terlebih dahulu jenis-jenis kain.

Secara umum terdapat 5 jenis kain atau biasa dikenal dengan kain TC (Tetoron Cotton). 5 jenis kain TC tersebut adalah TC Nyonya, TC Golden, TC Drakon, TC Semut, dan TC Kijang. 5 kain tersebut memiliki kualitas dan tekstur yang berbeda. Kain TC sendiri terbuat dari gabungan dua buah jenis kain yaitu Polyester dan Cotton.

Jenis Kain TC yang Digunakan Untuk Seragam Sekolah

Dari ke lima kain tc di atas tidak semuanya digunakan untuk membuat seragam sekolah melainkan hanya satu jenis kain saja yaitu kain TC Drakon. Pemilihan kain tc drakon sebagai bahan pembuatan seragam tentunya bukan tanpa alasan melainkan sudah dipertimbangkan sesuai dengan kebutuhan anak sekolah.

Pemilihan kain tc drakon tersebut sesuai dengan yang ditentukan oleh standar nasional. Jadi memang untuk pembuatan seragam sekolah standar nasionalnya adalah dengan menggunakan kain tc drakon. Karena kain tc jenis ini memang memiliki tingkat kenyamanan dan kehalusan paling bagus dibandingkan dengan kain tc yang lain.

Jenis Kain Untuk Seragam Sekolah Selain Kain TC

Selain kain tc, terdapat pula jenis kain untuk seragam sekolah yang banyak dipakai terutama di daerah dataran tinggi seperti bogor, malang, bandung, dan daerah dataran tinggi lainnya. Bahan yang digunakan untuk pembuatan seragam sekolah selain kain tc adalah jenis oxford. Kain oxford cocok digunakan di daerah dataran tinggi karena dapat mengurangi hawa dingin.

Kain oxford memiliki karakter kainnya lebih tebal dan memiliki ukuran pori yang sedang. Dengan karakter tersebut maka udara tidak mudah menembus seragam sekolah siswa sehingga hawa dingin menjadi sedikit lebih tertahan. Penting sekali untuk membuat seragam yang hangat terutama pada sekolah yang terletak di dataran tinggi, hal ini agar siswa tidak terlalu merasa kedinginan dan dapat berkonsentrasi lebih ke pelajaran sekolah.

Bahan Kain Untuk Pembuatan Rok Sekolah

Siswa perempuan tentunya memakai rok untuk pergi ke sekolah. Dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas maka semua siswa perempuan selalu diwajibkan untuk memakai rok. Tahukah anda? Bahwasanya bahan untuk pembuatan baju sekolah dengan rok adalah berbeda. Jika baju sekolah menggunakan bahan kain tc drakon dan oxford maka untuk rok sekolah tidak menggunakan kedua jenis kain tersebut.

Bahan yang digunakan untuk membuat rok adalah bahan drill. Bahan dril ini ada banyak macamnya, bisa japan drill, USA drill, taipan drill dan lain-lain. Untuk merek bahan drill yang paling bagus adalah farmatex. Selain farmatex ada juga Nagatex, USA plat, serta kamatex, namun merek-merek tersebut kualitasnya masih kalah jika dibandingkan dengan farmatex. Dalam pemilihan jenis kain untuk seragam sekolah rok yang perlu diperhatikan adalah tingkat kekerasan atau kekakuan kainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *