Kain Bahan Kapas, Sudahkah Tahu Sifat dan Karakteristiknya?

Kain Bahan Kapas, Sudahkah Tahu Sifat dan Karakteristiknya?

Kain Bahan Kapas, Sudahkah Tahu Sifat dan Karakteristiknya?Kapas adalah bahan yang sangat sering di pakai menjadi serat pembentuk kain. Ada banyak jenis kapas yang di budidayakan sebagai bahan pembuat serat kain.
Kali ini, saya akan mencoba memperkenalkan Kain Bahan Kapas, Sudahkah Tahu Karakteristiknya? sesederhana mungkin.

 

Kain Bahan Kapas, Sudahkah Tahu Sifat dan Karakteristiknya?

Karakteristik dan sifat-sifat kain kapas

Karena kapas adalah bahan yang sangat serbaguna, kapas dapat di buat bermacam-macam jenis kain, dengan karakteristik tergantung pada cara menjahit dan menenunnya.
Sifat-sifat kain kapas atau karakteristiknya di tentukan juga dengan panjang serat, ketebalan benang dan teknik tenun.

Serat yang lebih pendek disebut serat pendek dan serat yang lebih panjang disebut serat panjang.
Secara umum, serat pendek sedikit mengembang, kasar dan lembut, dan serat panjang halus dan mengkilap.
Selanjutnya, mengenai ketebalan benang, ada hitungan yang disebut bante, sebagai satuan untuk menilai ketebalan. Semakin besar nilai bante menandakan serat semakin tipis.

Hitungannya juga tergantung pada panjang serat, jadi Anda mungkin berpikir bahwa serat pendek adalah benang yang lebih tebal dan serat panjang adalah benang yang lebih tipis.

Penyerapan air yang sangat baik

Menyerap air adalah sifat dan karekteristik serat kapas, Selain air yang diserap dilepaskan ke luar sehingga memberikan kenyamanan di saat tubuh berkeringat karena cuaca panas, sifat serat alami ini kurang di miliki oleh serat sintetis. Beberapa serat alami, seperti linen, memiliki daya serap air yang lebih baik daripada kapas.

 

Mudah untuk diwarnai

Kapas adalah bahan yang dapat dicelup dengan berbagai cara karena sifat pewarnaannya yang sangat baik. pewarnaan menjadi baik ketika masih dalam wujud benang sebelum di tenun maupun di warnai setelah menjadi lembaran kain.

 

Tahan panas tinggi

Kapas adalah bahan tahan panas, sehingga cocok digunakan untuk sarung tangan, tidak meleleh atau menjadi lunak ketika terkena panas.
Salah satu keuntungan memiliki ketahanan panas yang baik dalam kehidupan sehari-hari adalah mudah disetrika.

 

Terjangkau

Kapas lebih terjangkau jika di banding serat alami lainnya, sutra dan linen merupakan serat alami yang mahal di banding kain kapas.

 

Kain Bahan Kapas, Sudahkah Tahu Sifat dan Karakteristiknya?

Apa saja produk hasil dari kain kapas?

Kapas adalah serat yang banyak di gunakan di seluruh dunia, pakain kantor, seragam sekolah, sapu tangan adalah contoh produk penggunaan kain kapas.
Tentunya anda yang hoby menjahit telah mengenal banyak tentang kain kapas ini, Kain Bahan Kapas, Sudahkah Tahu sifat dan Karakteristiknya? Perlu saya bahas dalam artikel ini.

 

Tentang penanganan kain kapas

Kapas adalah bahan yang mudah menyusut dan mudah keriput. Sifat yang baik dalam penyerapan air, dan serat dapat menyusut bersama ketika kelembaban diserap selama mencuci dan dalam proses pengeringan.

Membiarakan kain kapas terkena sinar matahari langsung selama proses pengeringan bisa membuat kekuatannya akan menurun, jadi hati-hati karena dapat menyebabkan menguning.

 

Cara merawat kain kapas

Karena kapas pada dasarnya lebih mudah ditangani daripada serat alami lainnya, itu adalah bahan yang membutuhkan sedikit perawatan khusus. Namun, untuk metode pencuci harus berhati-hati.

Penggunaan pemutih pakaian sebagai pembersih yang ampuh untuk mencuci noda pada kain, kain kapas tidak mengapa memakai ditergen pemutih untuk membersihkan noda pakaian.

Menggunakan mesin pengering boleh kah? Untuk kain 100% katun pada dasarnya dapat menggunakan mesin pengering. Namun, hati-hati terhadap penyusutan dan kerutan karena air menguap dengan cepat.

kain kapas adalah bahan yang membutuhkan waktu lama untuk mengering, sehingga pada hari yang lembab, berbagai bakteri bisa tumbuh berkembang biak dan menyebabkan bau. tidak mudah untuk mencucinya, jadi disarankan untuk merebusnya sebelum di cuci dengan air ditergen.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *