Kain Sifon Apa Itu? Serat Sintetis Atau Alami

Kain Sifon Apa Itu? Serat Sintetis Atau Alami

Kain Sifon Apa Itu? Serat Sintetis Atau Alami – adalah kain tipis dan lembut biasa di pakai sebagai hiasan pakaian semacam renda, sifatnya yang tipis lembut dan terkesan mewah biasa di aplikasikan dengan rancangan gaun malam dan pakaian dalam, terutama pakaian wanita.

Penggunaan kain sifon tidak sebatas pada pakaian, kain gorden, taplak meja, seprei banyak menggunkan kain sifon sebagai hiasannya. Kenapa kain sifon menjadi penting? Bagi penyuka keindahan, kain sifon tidak bisa di tinggalkan dalam rancangan gaun atau barang lainnya, lalu Apa itu Kain Sifon? Serat Sintetis Atau Alami.

 

Apa itu Kain Sifon? Serat Sintetis Atau Alami

Dari bahan apa kain sifon di buat?

Seragamjogja.com – Sifon dapat ditenun dengan serat sintetis seperti nilon dan poliester. Akan tetapi kebanyakan menggunakan bahan poliester yang berbiaya rendah, tahan lama, dan tahan terhadap kekotoran.

Sifon juga dapat dibuat menggunakan serat alami seperti katun dan sutra, untuk kualitas dan kenyamanan, akan tetapi harganya mahal sehingga jarang di pakai. Sifon sutra di anggap sebagai kain premium karena teksturnya yang mengkilap dan halus, mempunyai serat yang kuat dan berbobot ringan.

Serat sintetis biasanya lebih mudah untuk diwarnai, begitupun sifon yang terbuat dari kain sutra, kecuali untuk polyester yang sedikit lebih rumit. Poliester dicelup pewarna pada suhu tinggi untuk membuka celah pada serat-seratnya, selama tahap pemanasan pertama.

 

Bagaimana bahan sifon ditenun?

Bahan sifon adalah kain tenun dengan lungsin dan benang silang. Ini berarti bahwa benang diputar secara bergantian, melembutkan kain dan ketahanan kerut yang sangat baik. Menyebabkan rasa dan regangan agak kasar, ketika kain sifon di terawang atas cahaya, Anda dapat melihat efek jala tipis yang muncul dengan tenunan silang.

 

Apa itu Kain Sifon? Serat Sintetis Atau Alami

Apa kegunaan bahan sifon?

Sifon sering digunakan untuk menambah keanggunan, terutama di gaun malam. Gaun pengantin yang transparan, ringan, dan lembut dapat digabung dengan kain yang berbeda untuk desain yang lebih mewah.

Sifon dengan nuansa kain lembut dan halus juga digunakan untuk syal dan blus. Ini juga digunakan untuk kemeja, syal dan pakaian dalam.

Asal-usul kain sifon

Kata Sifon berasal dari bahasa Prancis chiffe dan berarti kain. Sifon sutra digunakan di hampir di seluruh negra di eropa sejak 1700-an, kain sutra melambangkan kekeyaan dan setatus sosial si pemakai, sebab harga kain sutra mahal.

Kain sifon sintetis dari poliester mulai diproduksi pada tahun 1959, dan sifon sintetis menjadi sangat populer selain murah kain juga lebih awet dan kuat.

 

Berkarya dengan kain sifon

Kain sifon adalah bahan yang sulit untuk ditangani karena sifatnya yang licin. Untuk menjahit kain ini di perlukan kehatu-hatian dan ketelitian.

Pertama-tama anda bisa meletakan kain sifon pada permukaan yang sedikit kasar supaya tidak licin, agar lebih mudah memotong untuk membuat pola, menempelkan kertas tipis menggunakan perekat, cara ini juga sering di pakai supaya memudahkan pemotongan kain sifon.

Banyak penjahit bekerja sangat hati-hati saat menggunakan sifon. Jika diregangkan selama pembuatan, sifon dapat mengikat atau mengkerut dan merusak jahitan. Semoga artikel dengan judul, Apa itu Kain Sifon? Serat Sintetis Atau Alami, bermanfaat, aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *