Macam-Macam Dan Jenis-Jenis Jarum Jahit untuk Menjahit, Merajut

Macam-Macam Dan Jenis-Jenis Jarum Jahit untuk Menjahit, Merajut

Kebanyakan orang hanya mengenal dua jenis jarum jahit, perlu di ketahui banyak dan macam-macam nya. yang di gunakan untuk menjahit dan merajut. Tentu ini tak selamanya benar. Sebab ternyata jarum jahit itu bermacam-macam jenisnya. dan mari kita bahas fitur umum jarum tangan dan mesin.

 

macam-macam dan jenis-jenis jarum

Fitur Umum dari Jarum Jahit Tangan dan Jarum Jahit Mesin

Sebelum kita berbicara jauh tentang, macam-macam jenis jarum jahit, ternyata dari kedua jenis ini ada kesamaannya, di mana kesamaannya? Jarum mempunyai bagian-bagian dan dengan tugas masing-masing. Kesamannya terletak pada ujung kepala jarum, yaitu titik dimana pertama kali jarum menembus kain, ada pun bentuknya yakni:

  1. Bentuk Ball point – digunakan untuk kain rajut. Bentuk ini tidak memisahkan serat benang, ketika menembus kain, akan tetapi dia massuk ke sela-sela jalinan benang pada kain. Sehingga tidak merusak kualitas benang pada kaian.
  2.  Titik biasa atau Universal – biasa di gunakan untuk kain yang sedang hingga tebal. Bentuk ini sebenanya memisahkan serat benang , ketika menenbus kain. Sehingga bentuk ballpoin lebih cocok untuk mesin besar.

Setelah kita tahu kesamaan dari macam-macam dan jenis-jenis jarum jahit untuk menjahit, merajut,.selajutnya kita bahas pebedaanya.

 

Jarum jahit tangan

Jarum tangan semuanya kelihatan sama, akan tetapi kalau di lihat dengan teliti, akan nampak perbedannya, pebedaan ini ada yang bisa di lihat dengan mata telanjang, dan ada yang hanya bisa di lihat dengan kaca pembesar. Jenis-jenis jarum tangan dan kegunaannya:

  1. Beading biasa di gunakan merangkai manik-manik merangkai untuk perhiasan.
  2. Chenille di gunakan untuk sulaman.
  3. Darning untuk menambal kai wool, yang koyak.
  4. Self threading, Penggunaan umum – jahitan, keliman, pasang benik.
  5.  Embroidery, sulaman tangan dekoratif.
  6. Leather, jahitan dekoratif dan untuk menambahkan kancing shank pada pakaian dan aksesoris.
  7.  Milliners, Jahitan dekoratif, lipit dan olesi.
  8.  Carpet sharps, menjahit permadani dan karpet.
  9. Tapestry, jarum sulaman, jahit dekoratif yang tebal.
  10. Upholstery, bekerja dengan kain pelapis tebal.

 

macam-macam dan jenis-jenis jarum jahit

Jarum jahit mesin

Jarum pada mesin berbeda dengan jarum tangan, akan tetapi ada persamaan, pada bentuk titik di ujung jarum. Produsen bisanya mengkatagorikan berdasarkan merk mesin, sehingga memudahkan konsumen. pada mesin juga di rancang sedemikian rupa, iini berguna untuk meringankan tugas kita. chromium round atau universal point mulai di kenal .chromium round konon paling kuat dan banyak fungsi, sangat kuat, mampu menembus kain dengan kecepatan 2500 tiap menit, dan tanpa mengalami kerusakan. demikian artikel kami dengan judul Macam-Macam Dan jenis-jenis Jarum Jahit untuk Menjahit, Merajut. semoga bisa bermanfaat.aamiin.
.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *