Menganal Kain Dari Serat Kapas Atau Katun

Menganal Kain Dari Serat Kapas Atau Katun

Menganal Kain Dari Serat Kapas Atau Katun – Tingkat penyerapan kelembaban yang relatif tinggi. Karena gugus hidroksil dalam selulosa, kapas memiliki daya serap baik terhadap air.

Ketika air memasuki serat, kapas membengkak dan bentuknya membulat. Afinitas tinggi untuk kelembaban dan kemampuan untuk mengembang ketika basah. Sehingga mampu menyerap uap air lebih dari seperempat beratnya sendiri.

Ketika cuaca panas maka keringat dari tubuh akan diserap dalam kain katun, di serap sepanjang benang di permukaan luar kain dan menguapkan ke udara. Menjadikan suhu tubuh terjaga dari kegerahan.

Dalam kesempatan kali ini toko seragam sekolah jogja akan membahas, Menganal Kain Dari Serat Kapas Atau Katun, karena serat kapas atau katun merupakan bahan baku pembuatan baju atau pakaian.

 

Menganal Kain Dari Serat Kapas Atau Katun
Tanaman Kapas

Kelemahan kain serat kapas (katun) dalam penggunaanya

 

  1. permasalahanya sifat hidrofilik kapas membuatnya rentan terhadap noda yang terbawa air. Noda yang larut dalam air kopi atau jus anggur akan menembus serat. ketika air menguap, noda terperangkap dan tertinggal dalam serat.
  2. Masalah yang ke dua kelemahan utama dari barang kapas adalah kecenderungannya untuk keriput atau kusut dan sulitnya menghilangkan kerutan. Kekakuan serat kapas mengurangi kemampuan benang untuk menahan kerutan.

Kapas adalah serat yang cukup kuat dengan stabilitas yang baik. Kapas ini tahan terhadap asam, alkali, dan pelarut organik. Tetapi karena terbuat dari bahan alami, ia di sukai serangga untuk bersarang, dan media yang bagus untuk tumbuh jamur, apa lagi jika di biarkan lembab.

Kapas menolak sinar matahari dan panas dengan baik, akan tetapi paparan sinar matahari langsung dalam waktu lama, serat kapas akan menguning.

Menguning juga dapat terjadi ketika serat kapas dikeringkan dalam pengering gas. Perubahan warna adalah hasil dari reaksi kimia antara selulosa dan oksigen atau nitrogen oksida di udara panas dalam pengering.

 

Keunggulan Serat kain kapas (katun)

Yang menarik adalah kenyataan bahwa benang kapas lebih kuat ketika basah dari pada saat kering. Dikarenakan makro-dan mikro-struktural serat kapas. Ketika air diserap, serat kapas akan mengembung dan penampang membulat.

Biasanya penyerapan sejumlah besar akan menyebabkan melemahnya serat. Namun, pada kapas, penyerapan air menyebabkan penurunan tekanan internal pada serat.

Pada saat yang sama, serat yang kembung dalam benang menekan satu sama lain sehingga lebih kuat. Selain itu, air yang diserap bertindak sebagai pelumas internal yang memberikan tingkat fleksibilitas untuk serat. Sehingga serat kain katun lebih mudah rapi di setrika ketika dalam keadaan lembab.

 

Menganal Kain Dari Serat Kapas Atau Katun
Produk serat kapas

Kegunaan serat kain kapas (katun)

Serat kapas sangat baik untuk pemakaian industri, membuat pakaian kerja, pakaian tidur dan banyak lagi. Kain yang kuat, ringan, lentur, mudah dikeringkan, dan mudah dicuci .

Dalam penggunaan sebagai bahan pakaian yang nyaman. Serat kapas mudah dikeringkan dalam warna-warna cerah, tahan lama, dan mudah dirawat.

Untuk penggunaan rekreasi, serat kapas secara telah digunakan untuk peralatan tenda dan berkemah, layar perahu, sepatu tenis dan pakaian olahraga.

Kain tenda harus dapat mengalirkan udara, sehingga karbon dioksida dari penghuni tenda dapat bersirkulasi dengan oxsigen di luar tenda, dan serat kapas memenuhi sarat untuk itu.
Kain yang ditenun dari kapas dapat cukup terbuka untuk memberikan permeabilitas udara yang baik untuk kenyamanan.

Tenda juga kedap air, ketika basah oleh hujan, benang kapasmengembung karena basah, mengurangi celah antar benang sehingngga kain dengan serat kapas kedap air.

Tali kapas, benang, dan tali digunakan dalam industri untuk mengikat, menahan, dan mengikat segala hal, mulai dari bal hingga kapal. Benang kapas digunakan untuk memperkuat ikat pinggang pada motor penggerak dan pakaian kerja.
Semoga artikel dengan judul, Menganal Kain Dari Serat Kapas Atau Katun, bermanfaat,aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *