Pro Dan Kontra Siswa Menggunakan Ponsel Di Sekolah

Pro Dan Kontra Siswa Menggunakan Ponsel Di Sekolah

Pro dan kontra Siswa menggunakan ponsel di sekolah – Faktanya hampir semua keluarga mempunyai ponsel atau HP, ini tidak terkecuali anak-anak yang masih duduk di bangku sekolahan. Kebijakan sekolah untuk mengijinkan siswanya membawa dan menggunakan ponsel/HP di sekolah, banyak yang pro dan kontra.

Generasi sekarang memang sangat akrab dengan sentuhan teknologi,  jaringan internet yang semakin mudah di akses di ponsel atau HP menjadi sebuah kebutuhan, kita bisa berbelanja online, mecari informasi bahkan hiburan semacam game online.dan seringkali lebih mampu mengoperasikan hp atau ponsel dari orang dewasa.

 

Pro-dan-kontra-Siswa-menggunakan-ponsel-di-sekolah

Haruskah ponsel dilarang atau di bolehkan di sekolah?

Secara umum ada tiga sikap penting yang telah diambil oleh sebagian besar sekolah dengan kebijakan penggunaan ponsel untuk anak didik mereka .

 

1. Sekolah melarang penggunaan ponsel atau Hp

Jika siswa tertangkap dan di dapati membawa ponsel mereka maka dapat disita atau didenda.Dalam beberapa kasus, siswa dapat diskors. Melarang siswa mereka memiliki ponsel atau membatasi penggunaannya dilakukan karena berbagai alasan.

Di khawatirkan siswa menyontek menggunakan posel atau Hp, takut siswa mengirimkan konten yang tidak pantas, bermain game, atau bahkan membuat kesepakatan narkoba. Menimbulkan rasa tidak hormat kepada guru juga di khawatikan dari pengaruh siswa memakai ponsel.

 

2. Di ijinkan dengan catatan

Membawa ponsel atau Hp mereka ke sekolah. Siswa diizinkan untuk menggunakannya, ketika waktu bebas bukan dalam waktu jam pelajaran walau masih memakai seragam sekolah.

Hal ini dikarenakan siswa di sekolah masih bisa berkomukasi dengan orang tua di rumah, lewat ponsel mereka bisa mengabarkan jam berapa sekolah bubar sehingga bisa di jemput, orang tua juga bisa memantau selama kegiatan belajar di sekolah lewat ponsel.

 

3. Siswa di perbolehkan membawa hp

Siswa tidak hanya diizinkan memiliki dan menggunakan ponsel mereka di sekolahan,  baik pada waktu bebas maupun jam pelajaran, bahkan juga didorong untuk menggunakannya di kelas sebagai alat bantu mengajar. Guru secara teratur mengunggah materi pelajaran ke situs yang bisa di akses siswa dengan mengguanakan ponsel atau Hp.

 

Pro-dan-kontra-Siswa-menggunakan-ponsel-di-sekolah

Alangkah baiknya

Sekolah diharapkan dapat memberi kebijakan atas penggunaan handphone dengan cara saat berada dalam lingkungan sekolah memberi pengawasan kepada seluruh warga di sekolah . apakah peserta didik juga punya kewajiaban?

Siswa atau Peserta didik dapat bertanggung jawab terhadap kewajibannya sebagai seorang pelajar, dan sadar akan waktu dimana dan kapan harus menggunakan ponsel atau Hp.

semoga artikel dengan judul, Pro dan kontra Siswa menggunakan ponsel di sekolah, bermanfaat,aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *