Tips Memilih Benang Jahit Yang Sesuai Dan Benar

Tips Memilih Benang Jahit Yang Sesuai Dan Benar

Tips Memilih Benang Jahit Yang Sesuai Dan Benar – Kebanyakan para penjahit ketika memulai pekerjaannya yaitu menjahit pakaian, akan di sibukan dengan memilih kain yang akan di gunakan. Apakah kain dengan jenis yang sesuai? Dengan warna? dan motif kain? Dan masih banyak lagi pertimbangannya.

Akan tetapi apakah anda juga memikirkan memilih benang jahit yang tepat, untuk pekerjaan menjahit pakaian anda? Kebanyakan penjahit hanya sekedar mengambil atau membeli benang jahit hanya dengan memeriksa warna dan bentuk yang bagus.

Perlu di ketahui memilih benang yang sesuai dengan jenis pola baju sama pentingnya dengan memilih kain yang digunakannya, dan keduanya benar-benar harus sesuai.

 

Tips Memilih Benang Jahit Yang Sesuai Dan Benar
Benang jahit

 

Jenis jenis benang jahit

 

Benang Kapas atau katun

Benang jahit katun yang terbuat dari serat kapas alami, ini aman di gunakan dalam pembuatan pakaian atau perlengakapan yang bersentuhan dengan suhu tinggi,

Contoh: sarung tangan oven yang dipakai koki, dan baik juga di pakai jenis pakain yang mendapatkan tekanan terus-menerus.
Benang katun tersedia dalam berbagai kualitas, bisa di pilih untuk pakaian tugas berat dan ringan. Benang dari katun juga biasa di campur dengan serat sintetis, benang katun mudah sekali susut sedang benang sintetis kebanyaan tidak tahan panas. Sehingga pencampuran keduanya bisa saling menutupi kelemahan masing-masing.

 

Benang jahit Poliester

Benang poliester sangat bagus di gunakan untuk menjahit dengan kain yang terbuat dari serat sintetis. kenapa demikian? Pengunaan benang jahit polister murni pada kain katun pada akhirnya akan banyak mendapatkan masalah.

Karena kain katun mudah menyusut dan benang polister tetap tidak ikut menyusut, sehingga pemakaian benang polister pada kain katun tidak di sarankan.
Akan tetapi benang polister mempunyai keunggulan dari segi harga yaitu lebih murah di banding benang katun, dan lebih mampu mempertahankan warna sehingga tidak cepat memudar, benang polister juga lebig banyak pilihan warna.

 

Benang jahit Sutra

Mahal dan sangat jarang di gunakan. kecuali untuk pakaian khusus biasanya pakaian pengantin. Benang sutra sangat lembut, berkilau akan tetapi tidak begitu kuat karena sangat seratnya yang halus. Selalu pilih benang sutra saat menjahit dengan kain sutra ini juga merupakan pilihan yang baik, untuk hasil akhir yang baik. karena jarang di pakai untuk menjahit pakaian yang biasa di pakai kebanyakan orang, benang sutra hanya di jual di toko kain atau toko jahit khusus dan tentunya harganya juga lebih mahal.

 

Benang jahit Nilon

Nylon atau nilon adalah serat yang kuat dan tahan lama yang berfungsi baik untuk jenis pakaian yang kuat, seperti kanvas atau menjahit kulit. Tersedia dengan jenis kualitas, mulai dari yang halus sampai seratnya yang tebal.

 

Tips Memilih Benang Jahit Yang Sesuai Dan Benar

Benang jahit Monofilamen

Benang monofilamen terbuat dari hanya satu untai serat sintetis, biasanya poliester atau nilon. Juga dikenal sebagai “benang tak kasat mata”. Jenis benang ini bisa menyatu dengan jenis kaian berwarna terang dan warna gelap. Benang jahit Monofilamen sangat baik di pakai untuk menjahit kain yang kontras,

 

Benang jahit Metalik

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana raja dan ratu tua mendapatkan semua bordir emas yang indah di pakaian mereka? Proses pembuatan benang emas sebenarnya sama seperti sekarang. Jaman dahulu lembaran emas di buat lembaran-lembaran tipis kemudian di potong-potong di lilitkan pada helai benang katun. Sekarang masih menggunakan teknik yang sama Cuma dari bahan pembentuk yang berbeda.

Seragam jogja merupakan toko yang menyediakan seragam sekolah SD, SMP, SMU dan seragam pramuka dengan berkulitas, sebab menggunakan kain dan benang jahit yang berkulitas bagus.

Semoga artikel dengan judul, Tips Memilih Benang Jahit Yang Sesuai Dan Benar, bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *