Tips Mencuci Pakaian dengan Mesin Cuci Agar Pakaian Tetap Bagus

Tips Mencuci Pakaian dengan Mesin Cuci Agar Pakaian Tetap Bagus

Tips mencuci pakaian dengan mesin cuci – jaman modern seperti sekarang ini orang sudah banyak yang mencuci dengan menggunakan mesin. Biasanya orang yang menggunakan mesin cuci ini adalah mereka yang tingkat ekonominya menengah ke atas. Mereka yang memiliki uang lebih cenderung memilih memakai mesin cuci karena lebih praktis dan mudah. Dibanding mencuci secara manual, menggunakan mesin memang lebih cepat.

Tips Mencuci Pakaian Dengan Mesin Cuci Agar Pakaian Awet

tips mencuci pakaian dengan mesin cuci

Mencuci dengan mesin perlu dilakukan dengan benar agar pakaian bisa awet dan tahan lama. Pencucian yang tidak benar bisa membuat pakaian menjadi rapuh dan warnanya cepat pudar. Dengan cara-cara sederhana di bawah ini, anda bisa mencuci pakaian dengan benar dan membuat baju kesayangan lebih awet serta tahan lama.

Segera Cuci Pakaian yang Kotor atau Terkena Noda

Noda yang menempel pada pakaian jika dibiarkan terlalu lama maka akan membuatnya menjadi sulit untuk dihilangkan. Tentunya bekas noda pada pakaian yang tidak mau hilang akan menganggu penampilan pemakainya. Apalagi jika yang terkena noda tersebut adalah pakaian kesayangan, pasti anda akan sangat jengkel.

Untuk mencegah noda melekat pada pakaian, maka langkah terbaiknya adalah segera mencuci pakaian yang terkena noda tersebut. Agar pakaian semakain bersih sebaiknya menggunakan produk permbersih noda. Tapi jangan menggunakan pembersih noda yang terlalu kuat karena dapat menyebabkan serat kain menjadi rusak.

Pisahkan Pakaian Saat Mencuci

Saat akan mencuci menggunakan mesin cuci maka pastikan anda memisahkan pakaian dengan baik. pisahkan pakaian yang mudah luntur agar nantinya tidak melunturi pakaian yang lain. Pakaian yang berwarna gelap biasanya akan mudah luntur, jadi sebaiknya pisahkan terlebih dahulu pakaian tersebut, jangan dicuci bersama pakaian lainnya.

Jangan Mengisi Terlalu Penuh Mesin Cuci

Meskipun masih muat, sebaiknya jangan isi penuh tabung mesin cuci. Jika mengisinya terlalu penuh maka akan menghambat perputaran tabung itu sendiri. Sehingga proses mencuci menjadi kurang maksimal.

Dengan mengisinya tidak terlalu penuh maka tabung dapat berputar lebih cepat dan lebih sempurna. Perputaran yang sempurna akan membuat hasil cucian menjadi lebih bersih tentunya. Kelebihan muatan juga dapat membuat mesin cuci tidak berputar karena terlalu berat. Jadi sebaiknya isi 3/4 nya saja dari total kapasitas tabung.

Kelompokan Cuci Pakaian Berdasarkan Bahan

Ada banyak jenis bahan pakaian, mulai dari katun, sutera, wol dan lain-lain. Ketika mencuci sebaiknya pisahkan pakaian berdasarkan jenis bahannya. Karena beda bahan pakaian beda pula cara penanganannya.

Untuk jenis pakaian dengan bahan seperti sutera dan wol biasanya membutuhkan perputaran mesin cuci yang tidak terlalu kencang atau soft. Jika jenis pakaian ini dicuci bersamaan dengan bahan katun dan levis yang membutuhkan daya putar cepat maka pakaian akan menjadi rusak. Kemungkinan besar jahitannya akan lepas atau kainnya menjadi sobek. Maka dari itu perlu dilakukan penyortiran sebelum mencuci pakaian.

Beberapa tips mencuci pakaian dengan mesin cuci di atas bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Cara mencuci yang benar bisa membuat pakaian menjadi lebih terjaga kondisinya. Jadi jangan sembarangan ketika mencuci menggunakan mesin cuci. Anda harus paham langkah-langkahnya agar hasil cucian maksimal serta pakaian tidak rusak terutama ketika mencuci seragam sekolah.

Sebenarnya selain tips mencuci pakaian dengan mesin cuci, hal lain yang harus kita perhatikan adalah perawatan terhadap mesin cuci itu sendiri. Lakukan perawatan secara berkala agar mesin cuci tidak mudah rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *