Tips Menghilangkan Noda Pada Pakaian

Tips Menghilangkan Noda Pada Pakaian

Tips menghilangkan noda pada pakaian – pakaian yang kita kenakan sehari-hari sangat rentan sekali terkena noda dan kotoran. Sisa-sisa makanan, tinta, make up ataupun hal lainnya dapat membuat pakaian menjadi kotor dan nodanya dapat membandel. Noda yang membandel dapat menyebabkan pakaian menjadi jelek dan kurang layak untuk dipakai. Anda tentunya tidak akan percaya diri ketika pergi keluar rumah dengan memakai pakaian yang terdapat bercak noda.

Cara Membersihkan Berbagai Macam Noda Pada Pakaian

tips menghilangkan noda pada pakaian

Noda Tinta

Noda tinta ini sulit sekali untuk dibersihkan, menggunakan deterjen saja tidak akan cukup untuk nodanya menghilang. Pakaian kantor, seragam sekolah, biasanya merupakan baju yang rentan sekali untuk terkena noda tinta. Untuk menghilangkan noda tinta bunda dapat mengikuti tips di bawah ini.

Hairspray

Noda tinta yang sudah cukup lama dapat dihilangkan dengan menggunakan harispray yang mengandung aerosol. Caranya yaitu dengan menyemprotkan hairspray pada kain bersih atau lap kemudian gosok-gosokan pada tempat noda tinta. Namun penggunaan hairspray ini dapat menimbulkan efek negatif yaitu akan memunculkan residu yang lengket pada pakaian.

Air Susu

Air susu dapat digunakan untuk menghilangkan noda tinta pada pakaian. Namun menggunakan cara ini memerlukan kesabaran, karena harus dilakukan berulang-ulang hingga nodanya benar-benar hilang. Untuk caranya, rendam pakaian pada air susu selama beberapa saat kemudian kucek bagian yang terkena noda tinta. Setelah itu kembali rendam pakaian, lalu kucek kembali. Jika nodanya sudah hilang, bilas pakaian dengan air bersih.

Noda Luntur

Kadang hal yang tidak terduga terjadi ketika proses mencuci baju, yaitu adanya baju yang warnanya luntur dan mengakibat noda pada pakaian lain. Jika sudah begini maka warna pakaian yang terkena noda akan menjadi jelek dan tidak menarik untuk dipakai. Untuk mengatasi noda karena kelunturan maka sebaiknya bunda menggunakan cara-cara di bawah ini.

Cuka

Cara membersihkan noda luntur menggunakan cuka sangat mudah. Siapkan air dan asam cuka secukupnya kemudian larutkan menjadi satu. Setelah itu rendam pakaian yang kelunturan selama kurang lebih 30 menit. Kemudian bilas pakaian menggunakan air bersih maka noda luntur akan menghilang. Selain cuka, bunda juga dapat memakai garam untuk membersihkan nodanya dengan cara yang sama.

MSG dan Deterjen

Siapkan MSG, deterjen dan air panas/hangat secukupnya. Kemudian masukan msg dan deterjen ke dalam air dengan takaran msg lebih banyak daripada deterjen. Rendam pakaian hingga air dingin, kemudian cuci seperti biasa. setelah itu rendam kembali pakaian dengan menggunakan deterjen saja tanpa MSG. Pencucian kedua ini bertujuan untuk menghilangkan sisa-sisa MSG yang masih menempel pada pakaian.

Noda Cat atau Oli

Noda Oli dan cat memang sangat susah untuk dibersihkan ketika menempel pada pakaian. Untuk membersihkan noda ini dapat menggunakan alkohol. Caranya yaitu dengan menggosok-gosok alkohol pada area yang terkena noda. Lakukan berkali-kali maka noda pakaian akan menghilang dan baju menjadi bersih kembali. Bila memang tidak ada alkohol, maka dapat juga dengan menggunakan minyak tanah dan caranya pun sama.

Noda Minuman Berwarna

Ketika minum terkadang secara tidak sengaja kerap tumpah dan terkena pakaian. Minuman berwarna seperti sirup, soda, ataupun yang mengandung alkohol maka akan sangat sulit untuk dibersihkan. Jika anda mengalami hal tersebut, sebaiknya segera tuangkan garam pada pakaian yang terkena noda, kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan hal tersebut berulang-ulang hingga nodanya luntur denga sendirinya. Setelah itu baru pakaian dapat diicuci dengan cara normal.

Noda Permen Karet

Permen karet yang menempel pada pakaian akan sangat sulit sekali untuk dihilangkan terlebih lagi jika sudah mengering. Meskipun sulit, noda permen karet pada pakaian tetap dapat dihilangkan. Caranya yaitu dengan memasukan pakaian ke dalam kulkas atau memberikan cuka pada area yang terkena permen karet. Cuka dapat melembekkan kembali permen karet yang mengering sehingga lebih mudah untuk dikerik atau dihilangkan.

Noda Karat

Pakaian yang digantung dengan menggunakan hanger atau gantungan besi tidak jarang dapat menjadi terkena noda karat. Noda karat ini biasanya muncul pada besi tempat menggantung pakaian yang kemudian menempel pada pakaian. Untuk membersihkan dapat dilakukan dengan cara meneteskan garam dan cuka pada bagian noda karat kemudian diamkan beberapa saa. Setelah itu kucek dan cuci seperti biasanya. Dengan begitu biasanya noda karat akan menghilang.

Dengan mengetahui tips menghilangkan noda pada pakaian maka bunda tidak perlu khawatir lagi ketika seragam kantor, seragam sekolah anak, ataupun baju kesayangan bunda terkena noda. Apapun jenis nodanya akan dapat dibersihkan dengan mudah jika bunda mengikuti cara-cara di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *