Tips Merawat Kain Sutra, Katun, Linen Dan Wol Bisa Di Coba

Tips Merawat Kain Sutra, Katun, Linen Dan Wol Bisa Di Coba

Tips Merawat Kain Sutra, Katun, Linen Dan Wol Bisa Di Coba– Cara membersihkan dan merawat berbagai jenis kain: sutra, katun, linen, poliester, spandeks, wol. Kebanyakan nama jenis kain tidaklah asing di telinga kita bukan? Akan tetapi mungkin kebanyakan dari kita belum tahu cara merawatnya. Menyamakan dalam merawat jenis-jenis kain sangat tidak tepat, karena memang berbeda-beda terutama dari serat bahan bakunya.
Dan pada kesempatan kali ini kami dari toko seragam sekolah jogja, mencoba berbagi Tips Merawat Kain Sutra, Katun, Linen Dan Wol Bisa Di Coba.

 

Tips Merawat Kain Sutra, Katun, Linen Dan Wol Bisa Di Coba

Menganal Jenis-Jenis Kain Dari Bahan Sutra,Katun,Linen Dan wol

 

Kain Sutra

Sutra adalah serat yang lentur, kuat, dan berkilau. Dan Kebanyakan kain sutra akan mengencang atau berkerut jika dicuci. Ketika kita akan merawat kain ini, yaitu dengan mencucinya maka pastikan, baca label sebelum membersihkan pakaian sutra.

  1.  Kain sutera yang hanya boleh di cuci keadan kering ,cuci dengan pembersih kering, atau memcuci tidak menggunakan air.
  2.  Untuk pakaian atau kain sutra yang bisa dicuci basah , Anda bisa mencucinya dengan sampo bayi ringan untuk membersihkan noda organic, dan merevitalisasi seratnya. Sedang noda yang bukan organik seperti lipstick, cat kuku atau noda dari bahan kimia lainnya, ada cara tersendiri untuk mencucinya.
  3.  Gulung kain sutra dalam handuk dan menekan untuk mengurangi kadar air sesudah di cuci.
  4. Gantung pakaian atau kain sutra sampai kering.
  5. Setrika dengan suhu hangat, jangan pakai suhu yang terlalu panas, karena bisa merusak serat.
  6. Jangan masukan sutra di mesin pengering, untuk mengeringkan sehabis di cuci.

 

Mencuci dengan mesin cuci

Cuci pakaian atau kain sutra dengan air dingin, cuci dengan menggunakan mesin yang putaran lembut, anda juga bisa mencucinya dengan tangan, dan jangan terlalu kuat menekan atau membanting-bantingkannya, sebab gesekan antar serat bisa merusaknya.
Jangan pernah memelintir, memeras atau memanaskan dalam mesin pengering.

 

Kain Kapas (katun)

Baca label perawatan sebelum dibersihkan. celana panjang pergelangan pada kaki akan berubah jika tidak dicuci dengan benar.

Pakain atau kain kapas (katun) yang boleh di cuci dengan air panas, bisa dicuci dengan air panas, air hangat atau air dingin, dan ini tergantung pada warna pakaian dan rekomendasi label perawatan.

Jika label perawatan memperbolehkan memakai pemutih, Anda dapat menambahkan pemutih klorin ke deterjen, untuk menghilangkan noda. Pakaian atau kain kapas (katun) warna dapat dicerahkan oleh pemutih non-klorin yang sarankan untuk pakaian berwarna.

Jika anda termasuk orang yang hati-hati dengan baju atau pakaian ketun anda, maka anda bisa mencucinya dengan air dingin.

Tips Merawat Kain Sutra, Katun, Linen Dan Wol Bisa Di Coba

Kain Linen

Selalu baca label perawatan pada pakaian linen. Untuk pakaian yang bisa dicuci dengan mesin, cuci sesuai dengan petunjuk label, dan air cuci harus sesuai dengan warna pakaian.

Jangan mencuci atau mengeringkan dari bahan kain linen, terlalu banyak dalam satu waktu, akan tetapi cucilah sedikit-sedikit. Dan tidak sekaligus.

 

Kain Poliester

Baca label perawatan. Untuk sebagian besar kain poliester, cuci dengan mesin dingin, keringkan dengan suhu rendah.

Keluarkan kain polister dari mesin pengering, selagi masih lembab, kain polister tidak di sarankan terlalu lama, atau menunggu kering dalam mesin pengering.

Dan mulailah menyetrika dengan suhu sedang. Jangan dengan suhu yang terlalu panas.

 

Kain Spandex

Anda bisa saja mencuci tangan atau mencuci mesin cuci.
Jangan gunakan air panas.
Jangan gunakan pemutih klorin.
Gantung pakaian spandex hingga kering.
Tekan kain dengan cepat dengan setrika hangat.

 

Kain Wol

Baca label perawatan untuk memeriksa apakah pakaian, harus di bersihkan kering atau bisa di cuci dengan air dan detergen. Untuk pakaian wol yang bisa dicuci, cuci dengan deterjen lembut sesuai label perawatan pakaian.

Semoga artikel dengan judul, Tips Merawat Kain Sutra, Katun, Linen Dan Wol Bisa Di Coba,bermanfaat. Aamiin. sehingga kita Menganal Jenis-Jenis Kain Dari Bahan Sutra,Katun,Linen Dan wol.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *